TERUS TERANG,TERANG TERUS (Matius 5:13-16)

Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di surga.
[Matius 5:16]

Suatu hari Tom, seorang penjaga pintu lintasan kereta api diajukan kepersidangan sebagai terdakwa penyebab meninggalnya pengemudi bis kota dan puluhan penumpang lainnya yang sedang dalam perjalanan untuk berlibur di salah satu pantai Florida, Amerika. Tugas Tom adalah memberitahu kepada para pemakai jalan, bahwa kereta api akan lewat, yaitu dengan cara mengangkat lentera yang dipegangnya. Tetapi entah mengapa, sore itu supir bis yang membawa puluhan orang seakan-akan tidak melihat lentera yang telah diangkat Tom, sehingga tabrakan maut tak terelakan.

Di ruang sidang, majelis hakim seolah-olah tidak memihak pada Tom, bahkan puluhan orang yang ada di ruangan itu tetap mengatakan, bahwa Tom bersalah. Dengan suara yang setengah geram, jaksa penuntut untuk kesekian kali memaksa Tom mengakui, bahwa ia lalai mengangkat lentera sebagai tanda kereta akan lewat, sehingga semua pengguna jalan harus mendahului lewatnya kereta itu. Tom tetap kokoh mengatakan, bahwa ia tidak lalai dalam tugasnya. Untuk terakhir kalinya penuntut umum bertanya, “Benarkah Anda tidak melalaikan tugas?” Dengan tegas Tom mengatakan, “Tidak pak!” “Kalau begitu apakah Anda yakin, bahwa lentera yang Anda angkat itu menyala?”, tanya penuntut umum. Dengan terbata- bata Tom berkata, “Saya tidak lalai untuk mengangkat lentera itu, tetapi saya tidak tahu apakah lentera itu menyala atau tidak?”

Saudara yang terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus, terang adalah sesuatu yang dapat dilihat terang hadir, maka kegelapan tidak akan mampu menghampirinya. Kehadiran terang banyak manfaatnya, jika terang lentera itu menyala, maka tidak terjadi tabrakan maut. Jika terang itu bercahaya, maka setiap orang akan mudah melakukan aktivitas di malam hari, dan sebagainya. Mari kita pancarkan terang kemuliaan Allah melalui sikap hidup (perkataan, perbuatan, dan tingkah laku) agar sebanyak mungkin orang berbalik dari gelap menuju terang.

Doa:
Tuhan Yesus, tolong saya agar cahaya terang yang ada dalam hidup ini tidak redup, tetapi mampu menerangi setiap orang agar mereka dapat melihat kebenaran Allah. Amin.
Tuhan memberkati!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s